Batita Sawan, Ini Caranya Memberikan Pertolongan yang Tepat

By On Monday, May 2nd, 2016 Categories : Parenting & Anak

Batita Sawan? Ini Caranya Memberikan Pertolongan yang efektif yang bisa bunda lakukan dengan segera. Bunda tentu pernah mendengar tentang batita sawan? Hal ini biasanya terjadi dengan ditandai si kecil rewel, demam dan kejang-kejang. Adapun sawan ini biasanya terjadi karena sang ibu mengkonsumsi makanan pedas bukan melihat hantu ya bunda. Namun, apapun itu penyebabnya bunda jika si kecil sawan keadaannya sangat mengkhawatirkan. Sebab kesehatannya terganggu, yaitu mengalami demam yang tinggi, kejang-kejang dan otaknya terganggu. Sedangkan jika sawan ini terjadi parah sekali, maka bisa sampai mulutnya berbusa, bola matanya bergerak keatas, lidahnya tergigit dan kehilangan kesadaran. Nah, hal ini mirip sekali dengan gejala epilepsi. Lalu, bagaimana cara memberikan pertolongan pada si kecil yang sedang sawan ini? Penasaran, kan? Yuk, disimak ulasan informasinya dengan baik-baik ya bunda.

Batita Sawan, Ini Caranya Memberikan PertolonganIni beberapa cara memberikan pertolongan pada batita yang sawan

  • Jangan berikan apapun sebelum ayannya selesai

Bunda, jika si kecil sawan. Jangan berikan makan ataupun minuman padanya, namun jika ayannya sudah selesai maka Anda bisa memberikan makan dan minuman tersebut padanya. Mengapa? Karena saat si kecil mengalami hal tersebut otaknya tidak bisa dikendalikan. Sehingga berbahaya jika bunda memberi makan atau minum pada si kecil. Alangkah baiknya bunda menunggu sampai ayannya selesai jika ingin memberinya makan atau minum. Ingat, ya berikan makan tau minum setelah ayannya selesai.

  • Singkirkan barang-barang yang ada di sekitar 

Si kecil kejang-kejangnya kambuh, maka dengan cepat bunda harus menyingkirkan barang-barang yang ada disekitarnya. Sebab barang-barang tersebut jika ada disekitar si kecil berbahaya bagi keselamatan yang sedang kejang. Nah, untuk itu bunda jika si kecil kejangnya kambuh Anda harus dengan cepat mengambil barang-barang yang ada disekitarnya untuk dijauhkan darinya. Sebab saat si kecil kejang ia otaknya tidak dapat berjalan dengan normal, sehingga hilang kendalnya saat kejangnya kambuh.

  • Berikan napas buatan

Bunda biasanya bila si kecil sawannya kambuh, adapun yang sering terjadi yaitu si kecil ini merasa kesulitan bernapas. Sedangkan cara mengenali jika si kecil ini sedang kesulitan dalam bernapas adalah bibirnya berubah menjadi biru. Nah, jika hal itu tersebut timbul pada si kecil maka pada saat itu ia sedang kesulitan bernapas. Untuk itu bunda harus memberikan napas buatan pada si kecil agar ia bisa bernapas.

Demikian tadi beberapa cara memberikan pertolongan pada anak yang sawan. Sebenarnya masih banyak cara lainnya yang bisa dilakukan. Semoga informasi yang kami berikan tentang cara memberikan pertolongan pada batita yang sawan bermanfaat.

Batita Sawan, Ini Caranya Memberikan Pertolongan yang Tepat | fery irawan | 4.5