Cara Menyendawakan Bayi Setelah Menyusui

By On Saturday, February 1st, 2014 Categories : Kesehatan
Advertisement

Khasiat.net – Bayi anda alami muntah setelah minum susu? atau bayi anda menjadi rewel meski telah banyak minum susu? hal seperti itu biasa terjadi dan dialami oleh para bayi dibawah usia 9 bulan. Bayi yang muntah atau rewel setelah minum susu biasanya terjadi karena rasa tidak nyaman yang sedang dialami, rasa tidak nyaman tersebut berasal dari perut mereka yang terlalu banyak kemasukan udara pada saat minum susu atau asi.

Udara dapat masuk ketubuh bayi mungil berbarengan saat dia menghisap asi atau susu formula. Biasanya anak yang minum susu dengan botol akan lebih beresiko mengalami perut kembung dibanding anak yang langsung minum asi dari payudar4 ibu.

Cara Menyendawakan Bayi Setelah Menyusui

Cara Menyendawakan Bayi

Angkat bayi anda dari tempat tidurnya, Tegakkan bayi & sandarkan kepalanya pada bahu Ibu/ayah dan topang pantatnya dengan lengan. Posisi bayi yang tegak, postur tubuh yang diluruskan, merupakan “posisi bersendawa” yang bagus. Tepuk atau usap punggungnya dengan tangan Ibu yang satunya. Biasanya ia akan segera bersendawa. Jika dalam 10 menit bayi tidak juga bersedawa, letakkan bayi kembali dalam tempat tidurnya sebentar saja lal angkat kembali dan posisikan tubuh bayi dengan ‘posisi bersendawa’. Jika sudah 2 kali tapi bayi tidak juga sendawa maka bunda tidak perlu khawatir, hal itu terjadi karena bayi anda memang tidak mengalami kembung/udara banyak masuk keperutnya.

Alasan perlunya menyendawakan bayi adalah mengeluarkan udara yang terhirup saat bayi diberi ASI, menangis atau bernafas biasa. Udara dapat mengisi perut bayi, membuat mereka tidak nyaman bahkan merasa kembung, sehingga seolah-olah kenyang sebelum mereka minum cukup susu.

Pencarian Terkait:

cara menyendawakan bayi yang sedang tidur,cara menyendawakan bayi
Advertisement
Cara Menyendawakan Bayi Setelah Menyusui | fery irawan | 4.5