Jenis Kontraksi Saat Hamil

By On Monday, December 16th, 2013 Categories : Tips

Khasiat.net – Kontraksi merupakan kejadian yang sering dialami oleh calon ibu yang sedang mengandung, yuk kenali jenis-jenis kontraksi saat kehamilan dan waktu melahirkan untuk menghindari kepanikan bunda dan pasangan. Mengetahui gejala kontraksi dan penyebapnya menjadikan bunda lebih siap saat melahirkan sang bayi nanti.

Jenis Kontraksi Saat Hamil

Jenis Kontraksi Saat HamilPengertian kontraksi: yaitu sebuah kondisi atau keadaan dimana terjadi pengencangan dan pengenduran otot rahim yang disebapkan adanya dorongan yang menggerakkan kelenjar dibawah otak untuk mengeluarkan hormon oksitosin yang bermanfaat untuk merangsang rahim untuk mengencang atau menegang.

Ada 2 jenis kontraksi yang biasa terjadi pada ibu yang sedang hamil/mengandung, definisi kontraksi tersebut adalah:

  1. Kontraksi Palsu atau disebut dengan istilah kontraksi Braxton Hicks: yaitu penegangan yang terjadi pada daerah rahim dan umumnya dimulai pada minggu keenam kehamilan. Untuk diketahui juga Braxton Hicks sering disebut kontraksi palsu. Biasanya, kontraksi Braxton Hicks mulai terasa pada minggu ke-20 kehamilan. Saat usia kehamilan 9 bulan, kontraksi palsu akan timbul lebih intens. Segera periksakan diri ke dokter jika kontraksi yang Anda rasakan terjadi lebih dari 4 kali dalam 1 jam, disertai sakit punggung, perut, dan panggul, serta terjadi vlek, karena ini merupakan tanda dari kontraksi sesungguhnya.
    Kontraksi palsu atau kontraksi Braxton Hicks ini akan membantu membiasakan rahim untuk menghadapi kontraksi sebenarnya saat melahirkan.
  2. Kontraksi asli atau disebut Irregular Contraction. Karena setiap wanita yang hamil belum tentu melalui proses persalinan yang sama. Semua ibu hamil pasti berharap dapat mendapatkan kontraksi seperti yang pernah mereka baca di buku-buku, di mana kontraksi terjadi dalam jangka waktu yang tetap dan dapat diketahui polanya. Tapi ada juga wanita hamil yang mengalami kontraksi dengan waktu dan durasi yang tidak beraturan, sehingga sulit diketahui polanya. Jika Anda mengalami kontraksi yang kuat dan lama (40 – 60 detik), dan sering (setiap 5 menit sekali atau bahkan kurang), atau dengan rentang waktu yang tidak pasti pada tiap kontraksi, jangan tunggu waktu lagi untuk segera memeriksakan diri ke dokter. Mungkin kontraksi yang Anda alami sedang mencari pola yang tepat untuk segera menjadi proses kelahiran

Lihat juga Video kontraksi melahirkan berikut ini

Dengan mengetahui jenis kontraksi saat kehamilan, bunda dan ayah bisa tau apa yang terjadi sebenarnya, apa itu kontraksi asli atau hanya kontraksi palsu?. Semoga dengan membaca artikel ini para calon ibu dapat mengetahui kapan waktu kontraksi yang sesungguhnya sebelum melahirkan kelak.

Jenis Kontraksi Saat Hamil | fery irawan | 4.5