Kebiasaan Pemicu Diabetes Yang Sering Terlupakan

By On Friday, December 11th, 2015 Categories : Kesehatan

Pasti Anda memiliki beberapa kebiasaan yang mungkin sudah sering dilakukan. Tetapi apa Anda mengerti tentang kebiasaan yang sering Anda lakukan tersebut dapat berdampak baik atau malah sebaliknya bagi kondisi tubuh Anda. Berikut saya akan memberi beberapa kebiasaan yang mungkin biasa Anda lakukan tetapi hal tersebut malah menjadi sebuah pemicu dari penyakit diabetes.

Kebiasaan Pemicu Diabetes Yang Sering TerlupakanA. Minum teh manis
Kebiasaan untuk minum segelas teh memang baik untuk kesehatan, tetapi jika konsusmsi sebuah the manis tidak teratur dapat berdampak buruk bagi kesehatan Anda. Karena di dalam the manis mengandung sebanyak 250 hingga 300 kalori (tergantung kepekatan). Kebutuhan wanita dewasa rata-rata adalah 1.900 kalori per hari. Dari teh manis saja, orang sudah dapat 1.000 hingga 1.200 kalori, belum lagi ditambah dengan tiga kali makan nasi beserta lauk pauk. Alhasil  adalah tubuh kita mudah terkena penyakit obesitas dan diabetes.

B. Makan Gorengan
Makan menggunakan gorengan berminyak adalah salah satu faktor resiko tinggi yaitu pemicu penyakit Degeneratif seperti,  penyakit diabetes dan stroke. Penyebab utama dari penyakit Kardiovaskular adalah adanya penyumbatan darah pada pembuluh koroner, dengan salah satu risiko utamanya adalah Dislipidemia.

C. Kebiasaan Ngemil
Anda mengira dengan membatasi makan siang dan malam dapat menghindarkan diri Anda dari penyakit diabetes. Padahal makanan ringan seperti, biskuit, kentang goreng, dan kue manis lainnya yang mengandung hidrat arang tinggi tanpa kandungan serat pangan yang memadai, merupakan pemicu utama dari penyakit diabetes.

D. Kebiasaan kurang tidur
Apabila kualitas tidur Anda kurang dan tidak diperoleh dengan benar, maka metabolisme tubuh dapat terganggu, kurang tidur selama 3 hari dapat mengakibatkan kemampuan tubuh untuk memproses glukosa akan menurun drastis. Jika penurunan terjadi maka risiko diabetes dapat menjadi meningkat.

E. Malas Beraktifitas Fisik
Orang yang sedikit melakukan aktivitas fisik memiliki risiko diabetes yang lebih tinggi dibanding mereka yang rajin untuk olaharaga bersepeda, jalan kaki, atau aktivitas lain dengan gerak.Karena gula dalam tubuh tidak diproses menjadi tenaga melainkan dibiarkan mengendap. Jika hal itu terjadi maka akan menimbulkan penyakit diabetes.

F. Sering Mengalami Stres
Tubuh memang dirancang sedemikian rupa untuk maksud yang baik. Namun, kalau kadar gula darah terus dipicu menjadi tinggi dan stres yang berkepanjangan tanpa jalan keluar, hal tersebut sama saja dengan bunuh diri secara perlahan.

G. Kebiasaan Merokok
Risiko perokok aktif terhadap diabetes dapat naik sebesar 22 persen. Naiknya risiko tidak cuma disebabkan oleh rokok tetapi dengan kombinasi berbagai gaya hidup tidak sehat, seperti pola makan dan kurang berolahraga.

H. Takut Terkena Sinar Matahari
Wanita yang rutin mendapat asupan vitamin D dan kalsium berisiko rendah terkena diabetes type 2. Selain makanan, sumber vitamin D dapat diperoleh dari sinar matahari. 20 menit terkena sinar matahari pagi sudah bisa mencukupi kebutuhan tubuh akan vitamin D

I. Kebiasaan Minum Soda
Peningkatan konsumsi minuman soda dapat membuat badan menjadi tidak sehat dan memiliki risiko lebih tinggi untuk terserang diabetes. Kenaikan risiko itu terjadi karena kandungan pemanis yang terdapat di dalam minuman bersoda.
Harapan saya, semoga setelah saudara membaca artikel Kebiasaan Pemicu Diabetes Yang Sering Terlupakan ini bisa lebih teliti dan selektif untuk menjalani kehidupan sehari-hari.

Kebiasaan Pemicu Diabetes Yang Sering Terlupakan | fery irawan | 4.5