Kurang Zat Besi Dapat Memicu Stroke

By On Thursday, July 17th, 2014 Categories : Stroke

Khasiat.netStroke adalah penyakit yang berbahaya dan dapat menyerang siapa saja tanpa mengenal usia. Sakit stroke bisa disebapkan oleh banyak hal dan salah satu faktor yang dapat memicu atau meningkatkan resiko stroke adalah kekurangan zat besi dalam tubuh. Zat besi sendiri adalah salah satu mineral yang diperlukan oleh tubuh manusia dan memiliki peranan yang sangat penting dalam pembentukan dan roduksi sel darah merah yang sehat dan kuat.

Kurang Zat Besi Dapat Memicu Stroke

Pasien stroke

Bersumber dari www.healthcentral.com, kekurangan asupan zat besi dalam tubuh dapat meningkatnya risiko penyebap stroke karena darah menjadi lebih lengket. Selain itu, kekurangan zat besi meningkatkan resiko terkena penyakit vascular dementia (pikun) yang muncul setelah terjadinya serangan stroke karena tersumbatnya arteri di dalam otak. Stroke terjadi karena adanya penyumbatan oleh benda kecil pada pembuluh darah di otak seperti misalnya stroke iskemik yang paling umum terjadi. Sebapnya karena darah memiliki lebih sedikit jumlah zat besi dan penurunan zat besi menyebabkan trombosit memiliki kemungkinan besar untuk berjalan bersama-sama dan menjadikan mereka melekat satu sama lain sehingga kumpulan trombosit tersebut menjadi gumpalan kecil yang berpotensi menyumbat pembuluh darah.

Anemia karena kekurangan zat besi

Gejala anemia ditandai dengan pusing dan kelelahan. Untuk mengatasinya, makanlah sayuran seprti bayam yang mengandung banyak zat besi dan perbanyak makan daging ayam daging merah, hati ayam, tomat dan makanan lain yang banyak mengandung zat besi untuk tubuh. Sebaiknya mengonsumsi makanan dengan nutrisi seimbang, tidak terkecuali untuk asupan zat besi sehingga hidup lebih sehat dan terhindar dari penyakit serius seperti stroke.

Kurang Zat Besi Dapat Memicu Stroke | fery irawan | 4.5