Makan Ubi Jalar Mengurangi Risiko Diare Pada Anak

By On Thursday, June 18th, 2015 Categories : Ubi-Ubian

Khasiat.net – Anak anak memang sangat rawan terkena resiko diare, hal ini tidak hanya terjadi karena kebiasan anak untuk jajan di luar tapi juga beberapa faktor lingkungan dan kebersihan tempat tinggal. Untuk mencegah anak terkena diare, tentu harus dibiasakan untuk selalu mencuci tangan sebelum menyentuh makanan dan memberikan pola makan yang teratur. Makanan yang baik untuk anak dan bisa mencegah resik diare adalah ubi jalar.

Makan Ubi Jalar Mengurangi Risiko Diare Pada AnakZat pada umbi jalan banyak mengandung Beta karoten yang diubah menjadi vitamin A. Khasiat vitamin A ini lah yang punya banyak manfaat agar sel-sel yang melapisi usus memiliki pertahanan yang kokoh terhadap serangan kuman, hal ini dikatakan oleh Erick Boy, selaku kepala bidang Nutrisi di HarvestPlus, sebuah program global untuk meningkatkan taraf gizi.

Saat tubuh mendapat asupan Vit A yang cukup, saat itulah dinding sel sel pelapis usus dapat meregenerasi dengan cepat. Untuk anak-anak usia 3 tahun kebawah mengkonsumsi ubi jalar dapat mengurangi risiko diare hampir 52%. Dan makan ubi jaar juga mengurangi resiko durasi diare sampai 10%.

Ketika tubuh mendapat vitamin A yang cukup, maka sel-sel baru yang melapisi usus dari serangan kuman kuman akan lebih cepat muncul. Dalam study pada journal World Development, ditemukan bahwa anak-anak usia 5 tahun kebawah yang mengonsumsi ubi jalar pada minggu terakhir penelitian memiliki risiko diare 42% lebih rendah.

Selain mengandung vitamin A yang sangat tinggi, harga ubi jalar juga relatif murah dan bisa dijangkau untuk semua kalangan. Selain itu anak anak relatif mudah suka mengkonsumsi ubi jalar.

Mengobati diare pada anak dengan cara alami

Selain dengan memberikan konsumsi ubi jalar yang bisa mengurangi durasi diare sebesar 10%, bunda juga bisa melakukan hal hal dibawah ini untuk menghentikan diare yang sedang menyerang anak tersayang. Seperti yang sudah kita ketahui, diare dapat menyebapkan anak dehidrasi atau kekurangan cairan, maka langkah pertolongan yang bunda bisa lakukan berdasarkan saran dari dr Emma Nurhema, SpA, yang membukan prakteknya di RSUP Persahabatan, sbb:

  1. Berikan Air Campuran Gula dan Garam
    Cairan gula dan garam penting untuk mengganti cairan tubuh anak yang hilang saat diare. Campuran ini diberikan sebagai pengganti cairan elektrolitnya yang hilang, meski kita terkadang perlu cara eksta untuk memaksa anak agar mau meminumnya
  2. Tetap berikan asupan Makanan
    Diare bukan hanya membuat anak kehilangan cairan elektrolit, tapi juga membuat anak kehilangan nutrisi. Berikan ia makanan lunak seperti bubur, apel kukus, atau pisang yang bisa bunda siapkan sendiri dirumah. Tetap berikan makanan meski sedikit demi sedikit agar menggantikan nutrisi anak yang hilang.
  3. Berikan minum teh manis, jangan air putih terus
    Memberikan minum teh manis pada anak membantu mereka mengembalikan cairan dan nutrisi yang hilang sat diare.

Pencarian Terkait:

khasiat singkong
Makan Ubi Jalar Mengurangi Risiko Diare Pada Anak | fery irawan | 4.5