Manfaat Belimbing – Buah Kaya Vitamin C

By On Wednesday, January 13th, 2016 Categories : Buah
Advertisement

Sebagai orang awam kita pasti hanya tahu manfaat belimbing hanyalah sebagai buah yang kaya akan vitamin C dan menyegarkan saat dimakan. Konsumsi belimbing selain dimakan utuh juga biasa disajikan dalam bentuk lain yang enak seperti jus. Sangat nikmat menikmati buah ini maupun olahannya di siang hari saat cuaca panas.

Manfaat Belimbing untuk Kesehatan

Selain manfaat belimbing bisa menyegarkan tubuh yang kehausan di siang hari, manfaat belimbing juga bisa digunakan untuk kesehatan.
Manfaat Belimbing – Buah Kaya Vitamin C

  • Anak-anak adalah usia dimana susah sekali mengkonsumsi obat meskipun keadaan sakitnya sudah parah. Mereka tidak mau mengkonsumsi obat karena rasanya yang pahit. Batuk adalah salah satu penyakit yang sering menyerang anak-anak dan akan menimbulkan masalah besar ketika berlangsung dalam waktu yang lama. Memberikan belimbing ketika anak-anak mulai memperlihatkan gejala sakit batuknya sangat tepat. Belimbing memiliki manfaat sebagai penyembuh sakit batuk sehingga anak-anak tidak akan mengalami batuk yang berlanjut. Rasanya yang manis pasti akan disukai mereka.
  • Sariawan serta pendarahan pada gusi pasti akan mengganggu aktivitas. Susah bicara dan susah makan pasti dirasakan. Manfaat buah belimbing dengan kandungan air serta vitamin Cnya yang tinggi akan membantu sariawan dan pendarahan pada gusi ini cepat sembuh.
  • Anak-anak juga tidak bisa dipisahkan dari salah satu masalahnya yaitu gigi berlubang. Masalah ini juga biasa terjadi pada orang dewasa, hanya saja ketahanan anak-anak menahan rasa sakit tidak sekuat orang dewasa. Belimbing memiliki manfaat menyembuhkan rasa sakit akibat gigi berlubang ini. Ini akan sangat membantu ketika anak-anak ataupun dewasa kesakitan dengan giginya.
  • Darah tinggi adalah masalah kesehatan yang memiliki resiko untuk berkembang menjadi penyakit lain. Misalnya jantung dan stroke. Belimbing merupakan buah yang memiliki manfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Konsumsinya secara rutin akan membantu darah tetap normal dan terhindar dari penyakit beresiko ini.
  • Kencing manis merupakan salah satu masalah gangguan pada organ dan tentu saja didukung oleh konsumsi makanan berkadar gula tinggi. Metabolisme tidak lancar dan zat yang harus dikeluarkan beberapa mengendap di dalam tubuh. Untuk menetralkan hal ini, belimbing bisa menjadi salah satu solusinya. Manfaat buah belimbing dalam menyembuhkan masalah kencing manis sudah terbukti.
  • Bagi yang sedang diet dan butuh buah yang bisa memberi rasa kenyang yang lama maka belimbing adalah salah satunya. Belimbing memberikan rasa kenyang pada tubuh lebih lama. Serat yang dimilikinya juga akan membantu pencernaan lebih lancar. Sehingga, penurunan berat badan akan terjadi lebih cepat.
  • Selain buahnya, belimbing juga memiliki manfaat lain dari bagian tubuhnya yang lain. Bunganya bisa dimanfaatkan untuk dibuat ramuan bagi obat maag, sembelit, sakit gondongan, kesulitan buang air kecil, juga jika memiliki masalah peradangan seperti bisul dan jerawat ramuannya bisa digunakan.
  • Untuk bagian tubuh lainnya, juga ada akar. Akar belimbing bermanfaat untuk mengobati masalah rematik. Rematik sangat mengganggu apalagi ketika aktivitas sedang banyak. Ramuan dari akar belimbing bisa membantu menyembuhkan penyakit ini.

Dari seluruh manfaat buah belimbing tersebut, rupanya belimbing juga punya salah satu kandungan yang tidak cocok dikonsumsi oleh mereka yang punya masalah dengan ginjal. Asam oksalat adalah zat yang dikandung belimbing tersebut. Jika kita mempunyai masalah dengan ginjal dan mengkonsumsi belimbing ini maka reaksi yang akan diterima ginjal adalah reaksi negatif. Sehingga, sangat dianjurkan untuk menghindari konsumsinya.

Advertisement
Manfaat Belimbing – Buah Kaya Vitamin C | fery irawan | 4.5