Manfaat Daun Ketumbar Bagi Tubuh Manusia

By On Friday, December 4th, 2015 Categories : Daun

Ketumbar adalah sejenis rempah yang sudah kerap digunakan oleh kalangan masyarakat kita sebagai bumbu dapur. Tanaman ini banyak digunakan untuk campuran masakan Asia, Amerika latin seperti Meksiko, dan Karibia. Daun ini juga biasa di makan segar dan memiliki aroma yang harum, dan di kedai atau restoran daun ketumbar dijadikan untuk penghias makanan yang biasa di letakkan di bagian atas makanan.

Seluruh dari bagian tanaman ketumbar meliputi, biji, daun, hingga akarnya dapat dimanfaatkan dan memiliki keunggulan masing-masing. Selain bijinya yang biasa digunakan sebagai bumbu dapur, daun ketumbar juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh manusia. Berikut khasiat daun ketumbar kehidupan manusia antara lain adalah.

Manfaat Daun Ketumbar Bagi Tubuh Manusia

• Menciptakan Rasa Senang
Mengonsumsi sedikit daun ketumbar dapat membangkitkan rasa senang dalam sekejap. Karena daun ketumbar dapat mempercepat pembakaran glukosa yang memberikan sebuah energi, begitu menurut penelitian yang dilakukan di Jepang. Karena zat Kaempferol berguna untuk melumpuhkan zat Monoamine oxidase, sejenis enzim yang dapat memecah hormon bahagia.

• Mengecilkan Perut Besar
Zat Flavonoid yang terdapat di daun ketumbar, dapat menghambat perut dan mengolah lemak-lemak jenuh dan menghubungkan langsung ke liver agar segera dikeluarkan. Dalam penelitian menyebutkan bahwa dengan satu sendok teh bubuk daun ketumbar dapat secara cepat menenangkan saluran pencernaan, dan mengatasi kembung dalam 24(dua puluh empat) jam.

• Membuat Kulit Cantik
Menaburkan satu sendok teh bubuk daun ketumbar ke dalam masakan setiap pagi hari dapat menurunkan risiko kanker kulit hingga 30 persen. Kandungan daun ketumbar mampu melahap radikal-radikal bebas penyebab kanker yang berasal dari sinar matahari. Pemakaian yang teratur mampu melindungi kulit dari kerutan dan tanda-tanda kerusakan dari sinar ultraviolet lainnya.

• Membunuh Kuman
Kandungan alkohol di dalam daun ketumbar mampu membunuh virus dengan melarutkan kulit berlemak yang mengandung mikroorganisme tersebut. Zat yang ada pada daun ketumbar dapat membunuh kuman yang menular dari makanan seperti Bakteri E.coli, berarti sama baiknya dengan antibiotik dari dokter.

• Berkhasiat Sebagai Obat
Minyak esensial yang terdapat di daun ketumbar memiliki banyak kandungan senyawa antibakteri dan dapat digunakan sebagai penghambat atau membunuhnya. Diduga juga daun ketumbar dapat digunakan untuk mengobati infeksi saluran kencing. Selain itu daun dan biji ketumbar dapat membantu pencernaan, mengeluarkan gas di dalam perut, mengatasi mual, meredakan peradangan, sakit rematik, sakit kepala, dan depresi. Biji ketumbar juga bisa menurunkan kadar kolesterol tubuh.

Nah bagaimana, tidak disangka banyak juga manfaat dari daun ketumbar pastinya anda menjadi tertarik untuk mencobanya. Daun ketumbar tidak hanya berguna bagi bumbu dapur saja, melainkan dapat menjadi resep mujarab untuk berbagai permasalahan kesehatan. Harapan saya setelah membaca artikel ini yang berjudul Manfaat Daun Ketumbar Bagi Tubuh Manusia, anda dapat lebih mengerti akan khasiat rempah yang satu ini dan bisa menjadi resep kesehatan bagi Anda.

Manfaat Daun Ketumbar Bagi Tubuh Manusia | fery irawan | 4.5