Mengenali Gejala Autisme Sejak Bayi

By On Sunday, July 27th, 2014 Categories : Kesehatan

Khasiat.net – Banyak dari orang tua yang baru menyadari bahwa anak yang mereka cintai menderita autisme ketika usia anak sudah 3 tahun atau lebih. Sebenarnya gejala autisme pada anak dapat dikenali saat bayi. Oran tua dapat mengenalinya dari hal yang paling mudah. Contohnya saja saat anak tidak berceloteh, acuh atau tidak menyadari jika namanya dipanggil, tidak tersenyum, tidak menyukai mainan, dan tidak mengenali wajah yang familier ayah dan ibunya.

Mengenali Gejala Autisme Sejak Bayi

Mengenali Gejala Autisme Sejak Bayi

Lalu bagai mana cara mendeteksi gejala autisme pada bayi? Berikut ini penjelasan yang kami ambil dari laman MeetDoctor.com.

-Bayi anda tidak bisa menunjuk dan mengoceh sebagaimana bayi pada umumnya. Atau, tidak bisa melakukan gerakan-gerakan sesuai usianya.
-Regresi atau terjadinya penurunan kemampuan. Misalnya, pada usia yang ke 6 bulan, bayi harusnya sudah bisa tersenyum, tapi bayi tidak menunjukkan kemampuan tersebut
-Tidak bisa melihat benda yang ditunjuk dari jauh
-Anak belum bisa bicara sampai usia 16 bulan
-Hilangnya kemampuan anak dalam berbicara
-Si anak tidak dapat bermain “pura-pura” (pretend play)

Gejala anak autisme yang paling terlihat ketika bayi adalah kemampuan berbicara atau berceloteh. Ketika usia kurang dari 1 tahun bayi biasanya udah bisa mengucap 1 kata atau beberapa kata walau tidak terdengar jelas apa yang diucap. Selain itu, saat usia bayi 2 tahun belum bisa merangkai hingga dua kata. Padahal untuk anak normal hal tersebut biasa dilakukan pada usia itu.

Ketika bunda melihat ada gejala autisme pada bayi seperti yang sudah disebutkan diatas, segera datang dan konsultasi kepada para pakar autisme. Semakin cepat anak ditangani dan mendapatkan perawatan, maka kemungkinan perbaikan pada kesehatan anak juga tambah besar.

Mengenali Gejala Autisme Sejak Bayi | fery irawan | 4.5