Tips Mengatur Pola Makan Yang Baik Agar Tetap Sehat

By On Friday, November 27th, 2015 Categories : Diet
Advertisement

Pola makan sehat sangat mempengaruhi kualitas kesehatan Anda di masa depan. Seseorang yang sehat memiliki harapan dan kualitas hidup yang lebih baik daripada orang yang tidak menjaga pola makan secara benar. Berikut adalah beberapa tips mengatur pola makan yang sehat yang bisa anda praktikkan di rumah.

• Jangan Konsumsi Junk Food dan Makanan Cepat Saji
Junk food merupakan makanan yang tidak sehat untuk dikonsumsi karena makanan cepat saji banyak mengandung bahan kimia yang tentu berbahaya untuk kesehatan Anda. Misalnya bahan pengawet, pemanis buatan dan lain-lain. Selain itu pembungkus atau kemasan dari makanan cepat saji kebanyakan terbuat dari bahan kimia. Oleh karena itu, sebisa mungkin Anda harus menghindari makanan cepat saji yang banyak ditawarkan di sekitar Anda. Agar lebih aman belanjalah bahan makan yang masih baru dan masak sendiri di rumah karena akan lebih aman bagi Anda dan keluarga.

Tips Mengatur Pola Makan Yang Baik Agar Tetap SehatMakanlah sedikit tetapi sering
Sebenarnya untuk hidup sehat tidak terlalu rumit, jika metabolisme tubuh berjalan dengan normal maka tubuh kita akan tetap sehat. Agar metabolisme tubuh dapat berjalan dengan baik dan kadar gula tetap normal salah satu caranya adalah dengan membuat komitmen yaitu makan dalam jumlah sedikit tetapi sering. Mengapa demikian? karena jika kita makan cukup tapi sering maka pencernaan akan mengolah makanan secara terus menerus yang artinya akan selalu ada makan yang terus dicerna, sehingga lambung akan terhindar dari maag, dan metabolisme tubuh akan meningkat yang bisa membakar banyak kalori.

Makan sedikit tapi sering lebih baik daripada makan banyak tetapi untuk jangka waktu lama. Makan dalam porsi kecil cenderung tidak membuat kekenyangan atau memperbesar perut sehingga perut akan terlihat menyusut dan membuat terlihat lebih baik. Mulailah saat pagi hari dengan sarapan  dengan outmeal/ sereal untuk mendapatkan sistem pencernaan yang sehat dan membakar kalori.

Memperlambat Cara Makan
Pepatah jawa mengatakan (janganlah makan cepat-cepat karena bisa tersedak). Orang tua melarang kita untuk makan buru-buru selapar apapaun diri kita, ternyata banyak sekali hikmahnya. Menurut hasil penelitian jika kita makan secara pelan-pelan sesuap demi sesuap ternyata dapat mengurangi makanan yang dikonsumsi. Dengan demikian, Anda dapat terhindar dari obesitas. Kunyahlah makanan sekitar 20 hingga 15 kali, sebelum Anda menelan atau sunnah Nabi kunyahlah sebanyak 33 kali. Makan dengan terburu-buru secara otomatis akan membuat kita makan lebih banyak dan akan memperberat kinerja organ pencernaan kita .

Konsumsi Sayuran Berwarna
Sebaiknya konsumsi sayuran secara bervariasi karena setiap buah dan sayur memiliki kandungan gizi yang berbeda-beda. Misalnya buah yang berwarna merah tua, sayur hijau tua yang banyak mengandung banyak serat yang dapat membatu pencernaan Anda.

Advertisement
Tips Mengatur Pola Makan Yang Baik Agar Tetap Sehat | fery irawan | 4.5