Tips Mengobati Asam Urat

By On Wednesday, January 6th, 2016 Categories : Kesehatan
Advertisement

Khasiat.net sumber informasi kesehatan -Asam urat merupakan salah satu jenis penyakit yang diakibatkan oleh kelebihan zat purin yang ada didalam tubuh. Pengobatan asam urat sendiri bisa dikatakan tidaklah mudah. Hal Ini disebabkan zat purin yang sudah berlebih akan “mengendap” ke dalam tubuh dan sulit untuk dikeluarkan. Sementara itu, bagi mereka yang sudah terkenapenyakit asam urat akan mengalami berbagai perubahan sistem kerja tubuh yang tidak normal. Beberapa hal akibat asam urat adalah radang pada persendian yakni terasa nyeri dan bengkak yang tidak tertahankan. Tidak hanya itu, penderitanya juga akan mengalami susah tidur. Akibatnya sangat mengganggu, bukan? Berbeda dari pandangan selama ini atau keseringan orang (yang belum terkena) menganggap penyakit ini gampang dan tidak berbahaya.Tips Mengobati Asam Urat

Penyakit asam urat disebabkan oleh sisa metabolisme zat purin yang tidak dapat diproses yang dibawa oleh makanan yang dikonsumsi. Makanan tersebut umumnya adalah makanan yang banyak mengandung zat purin. Nah, seharusnya zat purin ini dikeluarkan dari tubuh dalam bentuk urin dan feses. Namun karena berlebihan, ginjal tidak sanggup mengeluarkan sehingga terjadilah pengendapan pada bagian persendian. Oleh karena itu, seperti yang telah disebutkan: Salah satu ciri penyakit asam urat adalah terjadinya nyeri dan bengkak pada bagian persendian.
Pengobatan Asam Urat Lewat Cara Tradisional

Pengobatan asam urat dapat dilakukan secara medis namun juga dapat dilakukan lewat cara tradisional. Ada beberapa tanaman yang bermanfaat mengatasi kelebihan asam urat, yakni sebagai berikut:

Pengobatan dengan Rebusan Sambiloto

Sambiloto memiliki senyawa flavonoid, keton, alkane dan keton serta kalsium yang sangat baik untuk mengatasi asam urat. Anda bisa mengonsumsinya dengan cara merebus sambiloto dan diminum selagi masih hangat.
Pengobatan dengan rebusan daun salam

Daun yang punya keharuman khas ini tidak hanya berguna sebagai bumbu masakan tetapi juga mengobati berbagai penyakit seperti kolesterol tinggi, stroke, melancarkan peredaran darah, mengatasi radang pada lambung, mengobati gatal-gatal, termasuk juga mengatasi penyakit asam urat. Caranya adalah dengan merebus daun salam, menyaring airnya dan meminum air rebusan daun salam secara teratur.

Pengobatan dengan kumis kucing

Kumis kucing memiliki kandungan senyawa orthosiphonin dan bersifat diuretik yakni membantu tubuh mengeluarkan kelebihan asam lewat air seni.

Pengobatan dengan buah manggis

Buah manggis dapat mengurangi gejala yang diakibatkan oleh penyakit asam urat. Selain dapat Anda konsumsi secara langsung atau olahannya, terdapat obat dengan kandungan manggis yang dijual bebas di apotek.

Konsumsi air putih dan mineral

Selain mengonsumsi obat-obatan, pengobatan asam urat harus diikuti pula dengan konsumsi air putih yang cukup. Jika memang punya dana lebih, Anda bisa membeli air zam-zam yang memiliki kandungan mineral tinggi. Air berfungsi mendorong kristal yang terbentuk akibat asam urat keluar dari tubuh.

Di samping, tanaman-tanaman alami yang disebutkan di atas, ditemukan satu cara pengobatan asam urat lainnya yang dapat dilakukan oleh khususnya mereka yang sudah menikah. Apa itu? Seks. Kenapa harus seks? Seks dapat memicu seseorang mengeluarkan urin sesudah berhubungan seks. Keluarnya air seni ini bagus untuk mengeluarkan kristal yang terbentuk akibat asam urat. Namun bagaimana bisa berhubungan seks ketika persendian sedang sakit? Caranya adalah komunikasikan dengan pasangan agar “bekerja sama” pada saat berhubungan. Pasangan bisa lebih aktif sehingga Anda tidak perlu terlalu “bekerja keras”. Kemudian, tak kalah penting adalah mengurangi konsumsi makanan yang banyak mengandung zat purin. Cobalah untuk menahan diri demi kesembuhan agar dapat melakukan aktivitas tanpa terganggu penyakit asam urat.

Advertisement
Tips Mengobati Asam Urat | fery irawan | 4.5